Rabu, 08 September 2010

10 Daftar Bersih-bersih Rumah Jelang Lebaran

Momen hari raya Idul Fitri seringkali digunakan untuk saling mengunjungi. Jadi, selain mempersiapkan penampilan, tak ada salahnya juga mempercantik rumah untuk menyambut kedatangan tamu.

1. Halaman yang bersih
Halaman atau bagian depan rumah Anda adalah hal pertama yang diperhatikan para tamu. Jangan lupa rapihkan tanaman dan pastikan bagian depan rumah Anda terlihat bersih dan terawat. Buang tanaman-tanaman yang layu dan potong rumput halaman agar terlihat rapih.

2. Dekorasi Rumah
Tirai atau taplak rumah Anda jangan sampai luput dari kegiatan bersih-bersih. Ganti tirai Anda dengan tirai yang bersih untuk membuat suasana rumah lebih cerah. Selain itu pastikan alas meja yang digunakan bersih dari noda. Usahakan menggunakan warna senada untuk kedua benda ini. Jangan menggunakan terlalu banyak warna taplak yang berbeda pada setiap meja di rumah Anda. Gunakan saja warna-warna netral seperti putih atau krem. Pastikan alas meja tidak kusut dan sudah disetrika rapih.

3. Bersihkan toples
Kue kering yang cantik akan semakin menarik jika diletakkan dalam toples yang bersih. Untuk kue-kue yang mudah hancur jangan lupa siapkan tissue atau piring kecil di sebelahnya agar tamu-tamu lebih nyaman ketika mencicipi.

4. Kamar Tamu
Tak jarang kita kedatangan tamu dari luar kota yang menginap. Karena itu kamar tamu atau tempat menginap tamu jangan sampai luput dari daftar bersih-bersih. Ganti seprei kamar tamu dengan seprei baru. Bersihkan ruangan tersebut secara menyeluruh dan terakhir semprotkan pewangi ruangan.

5. Angkat Debu Karpet & Sofa
Karpet yang penuh debu hanya akan membuat tamu-tamu Anda tak nyaman. Apalagi sofa yang kotor dan banyak terkena noda. Bersihkan debu karpet dengan alat penyedot debu dan jemur sebentar karpet di bawah sinar matahari untuk menghilangkan serangga-serangga kecil yang menganggu. Untuk sofa, jika tidak sempat memanggil tukang pembersih sofa, maka bersihkan seperlunya dengan lap lembab. Jika banyak noda yang tidak bisa hilang, tutupi sofa dengan kain cantik bernuansa etnik.

6. Bersihkan alat-alat makan
Seringkali kita menjamu tamu pada saat lebaran. Pastikan piring, gelas, sendok, garpu semua telah mengilap bersih. Sempatkan waktu untuk melap koleksi piring makan dan piring saji Anda agar terlihat bersih. Jangan sampai para tamu masih merasakan debu pada piring makan Anda yang sudah lama tersimpan di lemari. Jika masih banyak waktu, tak ada salahnya rendam piring-piring tersebut dalam air lalu lap bersih.

7. Debu-debu Dimana-mana
Inspeksi kembali seluruh ruangan rumah Anda. Pastikan debu-debu di atas kulkas, televisi, lemari, komputer, dan kasa-kasa jendela sudah tersapu bersih.

8. Jaga Kebersihan
Walaupun pembantu sedang tidak ada, bukan berarti lantai absen dari pel dan sapu. Pastikan Anda tetap membersihkan lantai setiap hari. Apalagi jika tamu Anda nanti akan membuka alas kaki ketika masuk ke rumah. Pastikan lantai sudah dalam keadaan bersih. Untuk tetap menjaga kebersihan ruangan, jangan lupa sediakan tempat sampah yang cukup terlihat pada beberapa tempat strategis.

9. Siapkan layout ruangan
Menerima tamu apalagi dalam jumlah besar seringkali memerlukan penataan yang berbeda di dalam rumah. Atur kursi-kursi dan meja sehingga para tamu bisa nyaman bergerak. Letakkan beberapa meja kecil untuk kudapan yang bisa diisi dengan kue-kue kering atau permen. Perkirakan jumlah tamu yang datang berbarengan, jika jumlah kursi tidak mencukupi, siapkan setting ruangan dengan gaya lesehan.

10. Bunga dan Pengharum Ruangan
Meletakkan bunga segar dalam ruangan akan membuat rumah Anda lebih wangi dan menyegarkan. Pilih bunga-bunga yang menyebarkan harum menyenangkan seperti sedap malam, anyelir, krisan, aster, atau letakkan melati dalam jumlah banyak dalam satu mangkuk cantik. Jika tidak sempat membeli bunga, Anda bisa menyemprotkan pengharum untuk menyegarkan ruangan.

sumber
http://www.wolipop.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar