Sabtu, 06 Agustus 2011

Semangat di hari-hari pertama bulan puasa memang patut dihadiahi hidangan berbuka yang segar dan enak. Pisang ijo yang manis lembut ini bisa jadi pilihan. Paduan pisang dan tepung beras, bubur, sirop dan es batu memang yummy. Mau?

Bulan puasa memang identik dengan hidangan berbuka yang segar-segar. Jika bosan dengan es buah yang satu ini bisa jadi pilihan. Apalagi penjual es pisang hijau kini tak sulit. Kini bahkan ada kios-kios penjual pisang ijo di berbagai lokasi. Jika mau dibuat sendiri di rumah juga boleh karena memakai bahan-bahan yang cukup sederhana dan mudah.

Es pisang ijo berasal dari Makassar sehingga restoran dan rumah makan yang menghidangkan menu Makassar pasti menawarkan menu yang satu ini. Biasanya es pisang ijo dinikmati sebagai pendamping makan coto Makassar atau iga bakar yang gurih.

Disebut pisang ijo karena buah pisang yang jadi bahan dasarnya dibalut dengan adonan berwarna hijau. Adonan tersebut terbuat dari campuran tepung beras, sedikit tepung kanji, dan air daun pandan dan suji yang membuat warnanya kehijauan dan wangi baunya.

Es hijau ini biasanya diracik dengan bubur sumsum yang kemudian, beri santan, sirop merah, dan tak lupa es batu serut. Disajikan sebagai hidangan berbuka puasa rasanya dijamin bakal bikin adem tenggorokan.

Isiannya yang cukup padat berupa pisang dan sumsum sluurpp... dijamin segar dan kenyang! Buat yang mau membuatnya sendiri di rumah, Selamat berbuka yaaaaaaa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar